Rekomendasi Distro GNU Linux
mignu edited this page 1 year ago

GNU/Linux adalah sistem operasi bebas solusi atas Windows yang tidak bebas. Free software (perangkat lunak bebas) mengizinkan tiap-tiap penggunanya menjalankan dan membagikannya, dengan atau tanpa perubahan, berbayar atau gratis. Proprietary software (tidak bebas) menolak hak-hak tersebut dari pengguna yang berhak menerimanya.

Rekomendasi Distro GNU/Linux

Apa distro GNU/Linux yang paling baik dipilih? Wiki Pengguna GNU ini merekomendasikan Trisquel GNU/Linux untuk semua orang. Bagikanlah rekomendasi ini ke teman Anda. Bagikan juga salinan-salinan distro GNU/Linux ke masyarakat Anda. Tujuan wiki ini adalah memudahkan bukan mempersulit Anda dengan berbanyak-banyak pilihan yang tidak pasti. Cukup pilih satu dan sabar.

Rekomendasi Nomor Satu

Pilihlah Trisquel GNU/Linux.

  • Seratus persen free software. Tidak mengandung proprietary software.
  • Gratis.
  • Tersedia untuk komputer PC dan laptop.
  • Tersedia 32-bit dan 64-bit.
  • Bisa LiveCD.
  • Kebutuhan minimum sangat rendah, bisa beroperasi di komputer tua.
  • Memiliki 10.000+ paket software yang telah cukup untuk segala kebutuhan perkomputeran manusia.
  • Tampilan desktop mirip Windows, panel dan jendela program mirip Windows, file manager mirip Windows Explorer.
  • Bisa beroperasi sempurna dengan perangkat keras yang tidak minta proprietary software.

Rekomendasi Nomor Dua

Apabila Anda hidup sendirian tanpa pengguna GNU/Linux ahli di dekat Anda, dan komputer Anda sulit beroperasi dengan Trisquel, dan Anda tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sendiri masalah yang ada, maka pilih salah satu distro berikut:

  • Kubuntu: hemat memori, mudah diinstal, instan, lebih mirip Windows daripada Trisquel, bisa LiveCD, paling lengkap software bawaannya.
  • Mint Cinnamon Edition: mudah diinstal, instan, mirip Windows, terkenal ramah pengguna, bisa LiveCD, banyak penggunanya.

Catatan Penting

  1. Sangat penting diperhatikan bahwa pembelajaran GNU/Linux tidak bisa otodidak. Idealnya Anda harus dibimbing oleh seorang guru dalam semua dasar (instalasi OS, pengoperasian desktop, perintah dasar, manajemen paket) hingga Anda mandiri, selebihnya baru Anda bisa belajar sendiri. Hendaknya mencari guru Anda yang ingin memulai GNU/Linux dari nol.
  2. Tidak kalah penting kesadaran bahwa pengguna Windows sendiri tidak mengatakan Windows mudah kecuali setelah belajar bertahun-tahun dan berguru, walaupun tidak disadari. Mayoritas pengguna Windows tidak menginstal sendiri OS mereka, melainkan diinstalkan orang lain. Mayoritas pengguna bahkan tidak menginstal sendiri program-program di Windows mereka, melainkan diinstalkan orang lain pula. Mereka tidak menyadari bahwa itu termasuk pembelajaran dengan guru dan seperti itulah seharusnya pembelajaran GNU/Linux.
  3. Apabila Anda sudah memakai salah satu distro GNU/Linux pada saat membaca wiki ini, tidak harus Anda ganti distro.

Artikel dipublikasikan oleh Wiki Pengguna GNU berlisensi CC BY-SA 3.0 dan GNU FDL.